Ebook islam, sholat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat

Minggu, 05 Desember 2010

Khasiat Teratai

Tanaman teratai yang sering kita jumpai tumbuh di kolam atau di rawa-rawa, selama ini hanya sekedar kita lihat keindahan bunga dan bentuknya. Ternyata pada teratai mengandung banyak khasiat obat bagi kita. Mulai dari rimpang, daun, benang sari, tunas, biji dan bunganya.

Beberapa khasiat teratai antara lain:
1. Biji teratai bisa mengatasi gangguan penyerapan makanan, diare, badan lemah, radang usus kronis, disentri, muntah, keputihan dan pendarahan.

2. Tunasnya dapat meredakan demam, kehausan, jantung berdebar, gelisah, muntah darah, dan darah tinggi.

3. Benang sari bisa mengatasi keputihan, pendarahan dan anyang-anyangan.



4. Rimpang berkhasiat meredakan pendarahan, darah haid berlebihan, sakit perut, wasir, mimisan, sakit jantung, gangguan lambung, kurang darah dan menopause.

5. Daun teratai bisa mengatasi pingsan karena hawa panas, pusing, sakit kepala, dan beri-beri.

6. Batang teratai berkhasiat meredakan pingsan, dada tertekan karena panas dan keputihan.

7. Bunga teratai dapat mengatasi trauma, pendarahan, radang kulit bernanah, menambah selera makan, badan lemah dan kurang darah.

Cara Pemakaian:
Teratai bisa diminum, direbus, diparut atau dijus.
1. Untuk keluhan darah tinggi, ambil 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas biji teratai lalu direbus dengan 350 cc air hingga tersisa 200 cc. Minum seperti teh setiap hari.

2. Untuk mengatasi sering muntah dan diare, ambil 50 gram rimpang teratai ditambah jahe 15 gram. Cuci bersih lalu dijus atau diparut, ambil airnya lalu diminum 3 kali sehari.

3. Untuk mengatasi panas dalam, ambil 100 gram rimpang teratai ditambah 50 gram rimpang segar alang-alang. Cuci bersih lalu dipotong-potong kemudiang direbus dengan air 500 cc sampai tersisa 200 cc. Setelah dingin, saring dan diminum seperti teh.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...