Ebook islam, sholat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat

Senin, 01 November 2010

Khasiat Jambu Biji

Jambu biji sering dicari orang untuk obat penyakit demam berdarah. Apa benar jambu biji manjur untuk penyakit demam berdarah? Atau adakah khasiat lainnya?

Jambu biji selain enak dimakan, segar sebagai pencuci mulut, juga bisa diolah menjadi aneka hidangan dengan cita rasa eksotik. Anda dapat mencampurkan jambu biji untuk cake dan puding atau menjadi isi pai. Bisa juga dimasak dengan daging unggas untuk memberikan aroma khas pada masakan.


Saat maraknya demam berdarah di masyarakat, jambu
biji dicari orang karena selain enak dimakan juga berguna sebagai obat demam berdarah. Buah ini paling tinggi kandungan seratnya, yaitu 4,1 mg/100 g, kaya antioksidan (kombinasi vitamin C dan beta karoten, mangan dan magnesium) dan asam amino esensial.

Air rebusan jambu biji dapat mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Kombinasi vitamin C dan betakaroten serta unsur mangan dan magnesium yang tinggi menjadikan jambu biji kaya akan antioksidan. Jambu biji juga mengandung asam amino esensial yang diperlukan untuk membangun sel pertahanan tubuh dan mereparasi kerusakan sel-sel, mempercepat penyembuhan flue, radang tenggorokan dan sesak nafas.

Pada saat mengkonsumsi, sebaiknya jangan mengupas kulitnya karena seratnya bisa hilang atau terkontaminasi. Bagian tengah jambu biji paling banyak mengandung vitamin C, sedangkan betakaroten nya paling banyak pada jambu biji berdaging merah daripada yang berdaging putih.

Jambu biji unggul memiliki ciri-ciri antara lain bentuk buah besar, daging tebal dan lunak, rasanya manis dan bijinya sedikit atau sama sekali tidak berbiji.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...