Ebook islam, sholat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat

Rabu, 13 Juli 2011

Khasiat Lobak

Lobak merupakan tanaman semusim yang cocok ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi (pegunungan). Tanah yang baik untuk menanam lobak adalah tanah yang gembur, mengandung humus (subur) dengan derajat keasaman tanah antara 5-6. Waktu menanam yang cocok pada musin penghujan atau awal kemarau.

Lobak termasuk jenis umbi berbentuk perdu atau rumput. Daunnya lonjong berbulu, batangnya pendek sehingga biasa disebut juga sebagai umbi batang. Dalam bahasa latin disebut raphanus sativus. Lobak merupakan makanan yang berasal dari China dan sudah menyebar ke Indonesia dan Asia.



 Lobak rasanya enak, segar agak pedas dan banyak mengandung manfaat sebagai obat antikanker, obat batuk, gangguan ginjal, demam dan perangsang nafsu makan. Disamping itu lobak juga banyak mengandung zat gizi berupa vitamin B serta vitamin C.

Khasiat Lobak:
1. Kandungan zat gizi dalam 100 gram lobak antara lain 0,9 gram protein, 4,3 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, 0,7 gram mineral, 35 mg kalsium, 26 mg fosfor, 0,70 gram serat, 0,80 gram zat besi, 0,06 mg vitamin B1, 0,03 mg vitamin B2, 27 mg vitamin C dan 0,40 mg niacin.

2. Lobak mengandung enzim diastase, mempermudah dan memperlancar pencernaan dalam usus.

3. Lobak dapat menghalangi tumpukan lemak dalam jaringan tubuh.

4. Lobak sebagai obat gangguan ginjal, empedu, antikanker.

5. Lobak sebagai obat untuk menghentikan batuk dan demam.

6. Lobak sebagai obat untuk menghentikan diare.

7. Lobak dapat berfungsi sebagai pengharum/deodoran untuk kaki dan ketiak.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...