Ebook islam, sholat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat

Senin, 14 Februari 2011

Khasiat Blewah (Cucumis Melo) Banyak Mengandung Vitamin dan Gizi

Blewah serut dengan sirup dan air es menjadi minuman yang menyegarkan, apalagi untuk berbuka puasa. Akan tetapi, tahukah Anda ternyata blewah mampu mengendalikan hipertensi, hiperkolesterolemia dan diabetes?


Mengonsumsi sepotong blewah ukuran sedang 100 gram sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian kita. Blewah juga kaya akan vitamin A sehingga dengan memblender blewah bersama bijinya akan menghasilkan jus blewah yang kaya vitamin dan antioksidan komplet.

Kandungan Gizi per 100 gram buah blewah antara lain:
Energi 90 kalori, protein 0,6 gram, lemak 0,1 gram, karbohidrat 6 gram, kalsium 18 mg, kalium 330 mg, vitamin C 60 mg, vitamin A 4000 SI, vitamin B1 0,06 mg dan vitamin B2 0,02 mg.

Dalam buah blewah tersimpan senyawa peluruh urine, penurun panas tubuh dan panas dalam. Kombinasi kalium dan senyawa aktif mampu meningkatkan fungsi ginjal dan limpa. Karena itu baik dikonsumsi oleh para pengidap gangguan ginjal dan radang ginjal.



Blewah kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa serta menurunkan tekanan darah.

Blewah juga kaya akan antioksidan. Kandungan betakaroten pada buah blewah merupakan jenis antioksidan yang dapat berperan penting dalam mengurangi penyebab alergi seperti  goitrogen, oksalat, dan purin.


Resep Es Campur Blewah
Bahan:
500 ml air matang, 130 ml sirup vanili, 80 gram cincau hitam dipotong bentuk dadu, 200 gram daging blewah diserut panjang, 80 gram manisan kolang-kaling, 80 gram leci kaleng.

Cara Membuat:
* Campur air matang dengan sirup vanili, aduk rata.
* Masukkan blewah, aduk. Simpan dalam lemari pendingin hingga saat disajikan.
* Sajikan dengan potongan cincau hitam, manisan kolang-kaling dan leci.

*

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...